Rabu, 10 Juni 2015

Sudahkah Kamu Bersyukur Hari Ini?

Intan Siradjudin datang ke mejaku dengan wajah yang tak seperti biasanya. Sembab, seperti hendak menahan tangis. 
"Kasihan Mbak Livi....Penyakitnya ternyata persis seperti yang tadi kita googling..." 

Mbak Livi. Cewek manis yang pernah menggawangi program PINTAR LMI ini kini tergolek lemah di RSUD Dr. Soetomo. Vonisnya: penyakit lupus. 

Mbak Livi yang manis, ceria, cantik... kini harus merelakan hari-harinya dihabiskan di atas kasur ruang bangsal RS bersama 40-an pasien dalam satu ruangan. 

"Trus, kondisinya gimana?" 
"Badannya kurusss sekali, turun 10 kilo, tapi wajahnya bengkak, dan banyak ruam-ruam merah di wajahnya... dia sariawan juga...Rambutnya juga rontok..." 
"Ya Allah..." 
"Dan yang lebih kasihan lagi, dia nggak boleh minum air banyak-banyak. Karena ginjalnya sudah penuh dengan air, jadi dokter khawatir kalau akan bergesekan dengan paru-paru..." 
Kali ini, Intan tak bisa menahan butiran air mata yang mengalir tanpa diminta. 

Sambil mengusap tangis, Intan lanjutkan kisahnya, "Aku tadi pengin nangis di sana... Tapi Mbak Livi kuat banget.... Dia bilang 'Udah, penyakit itu ndak usah dipikirin'... Aduh, dia tegar banget Mbak... Ngomong santai sekali, kayak ndak ada beban...." 

*** 

Aku agak menyesal tidak ikut teman2 jenguk Mbak Livi siang ini. Meskipun menurut situsdoktersehat.com (http://doktersehat.com/2010/02/11/lupus-sulit-didiagnosa-dan-tidak-menular) penyakit lupus ini tidak menular, aku tetep merasa tidak sanggup. 

Aku tidak sanggup menyaksikan saudaraku ini harus tersenyum lebar kendati nyeri menyerang. 
Pun, aku tidak mampu mengakui bahwa betapa aku tidak pernah bersyukur atas limpahan rezeki berupa kesehatan yang dianugerahkan oleh ALLAH buat aku dan kluarga... 

Aku selalu mengeluh... 
Aku tidak pernah puas akan badanku yang kian menggemuk... 
Never stop complaining.... 
Selalu menghujat... 
Tidak bersyukur... 
Protes... 
keluh.... 
anti-legowo.... 

Ahh.... Mbak Livi... Terimakasih untuk pelajaran hari ini... 
Terimakasih karena Tuhan telah mengirimmu untuk memberi penyadaran buatku... 
Bahwa manusia sombong ini harus sedikit merendah... 
Dan tak lagi berkeluh kesah.... 

Bahwa insan sarkastis ini harus banyak-banyak bersyukur.... 
Dan anti kufur... 

Cepet sembuh ya Mbak.... 
*** 
Mbak Livi berpose bareng Opick di salah satu event LMI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar